Pages

Sabtu, 22 Mei 2010

Profil Perusahaan PT. Sepatu Bata Tbk

Bata atau T.&A. Bata Shoe Company terdaftar di Zlin, Czechoslovakia oleh dua bersaudara Tomáš, Anna dan Antonín Bata (1894). Perusahaan sepatu raksasa keluarga ini mengoperasikan empat unit bisnis internasional: Bata Eropa, Bata Asia Pasifika-Afrikka, Bata Amerika Latin dan Bata Amerika Utara. Produk perusahaan ini hadir di lebih dari 50 negara dan memiliki fasilitas produksi di 26 negara. Sepanjang sejarahnya, perusahaan ini telah menjual sebanyak 14 milyar pasang sepatu.

Di Indonesia pengoperasian penjualan sepatu Bata dijalankan oleh PT. Sepatu Bata, Tbk. Pabrik perusahaan ini pertama kali berdiri pada tahun 1939, dan saat ini berada di dua tempat, yaitu di Kalibata itu dan di Medan. Keduanya menghasilkan 7 juta pasang alas kaki setahun, dan terdiri dari 400 model sepatu, sepatu sandal dan sandal, dari kulit, karet dan plastik. Sebelum tahun 1978, status Bata di Indonesia adalah PMA, sehingga dilarang menjual langsung ke pasar. Bata menjual melalui para penyalur khusus (depot) dengan sistem konsinyasi. Status para penyalur tersebut diubah dan pada 1 Januari 1978, yaitu saat izin dagang Bata "dipindahkan" kepada mereka dan PT. Sepatu Bata, Tbk menjadi perusahaan PMDM.



PT Sepatu Bata Tbk adalah produsen sepatu Indonesia berbasis. Perusahaan bergerak dalam pembuatan, impor, ekspor dan distribusi sepatu kulit, kanvas built-up, kasual dan sepatu olahraga, sandal injeksi-dicetak dan sandal, dan sepatu khusus untuk industri. Merek berlisensi Perusahaan, selain merek Bata utama, termasuk North Star, Power, Bubblegummers, Marie-Claire dan Weinbrenner. Perusahaan ini juga tetap sebagai anggota dari Organisasi Sepatu Bata internasional. Lokasi nya Taman Makam Pahlawan Kalibata St Jakarta Selatan, 12750 Yang didirikan di Indonesia pada tanggal 15 Oktober 1931 dengan akte notaris Adrian Hendrick Van Ophuisjen No. 64, dengan nama Nederlandsch-Indische Schoenhandel Maatschappij Bata, kemudian tanggal 29 Desembar 1931 berubah namanya menjadi PT Sepatu Bata. Perusahaan ini berkantor pusat dulunya di Jalan TMP Kalibata, tetapi sekarang berpindah di daerah jalan T.B Simatupang karena proyek kalibata city. Pada tahun 1995 pabrik baru di buka di Purwakarta Jawa Barat. Sampai saat ini perusahaan ini adalah pelopor perusahaan alas kaki di Indonesia. Agar tetap dapat bersaing di pasar global, maka semua upaya dilakukan seperti perbaikan teknologi dan efisiensi produksi agar tetap dapat bersaing. Salah satu yang tetap harus dipertahankan adalah kinerja keuangan perusahaan. Kondisi keuangan harus selalu berada dalam standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan PT Sepatu Bata adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri alas kaki dan juga mengacu kepada standar industri sejenis.

Corporate initiatives

Menjadikan Bata sebagai lembaga internasional yang memiliki gagasan dan kreativitas yang tinggi serta menciptakan kondisi yang merangsang untuk berfikir secara internasional.

Bata Culture menciptakan kesempatan yang sama bagi semua karyawan untuk mendapatkan promosi atau pelatihan dan pendidikan. Dengan mendapatkan training tersebut, diharapkan karyawan memperoleh keahlian yang pada akhirnya bisa mendapatkan promosi untuk level internasional.

Culture

Perusahaan Bata Memiliki tradisi untuk menjadi perusahaan yang berkontribusi untuk kesejahteraan masyarakat disekitar kegiatan usaha perusahaan.
Bata Bekerja keras untuk membangun hubungan jangka panjang dengan suplier dan distributornya. kegiatan Usaha Bata di seluruh dunia, dipastikan dilaksanakan secara etis.

Sejarah perkembangan perusahaan ini di Indonesia adalah sebagai berikut :

· 1931 memulai usahanya sebagai pengimpor sepatu

· 1940 mendirikan pabrik di kalibata jakarta selatan

· 1982 didaftarkan di Bursa Efek Jakarta

· 1994 mendirikan pabrik di purwakarta

2004 memperoleh lisensi sebagai distributor dan General Importing.

Bata tidak hanya menjual produksi sepatu bata di Toko Bata, ada juga produk yang lain.

Brand (merek) yang di jual di toko bata:

1. Adalah merek terkemuka di amerika latin dan telahàBubblegummer berekspansi ke seluruh asia dan eropa. Merek ini ditujukan bagi anak sampai umur 10 tahun dengan karakter lucu dan warna yang menarik

2. merek ini ditujukan untuk olah raga antara lain bolaàPower basket, sepakbola ataupun olah raga lainnya.

3. merupakan merek dagang yang ditujukan bagi wanitaàMarie Claire yang mementingkan fashion sebagai gaya hidupnya.

4. dikhususkan untuk produk sepatu canvas yang casualàNorth Start untuk penggunaan diwaktu santai.

5. khusus produk sepatu kulit ataupun sendal gunung,àWeinbrenner dan sepatu boot yang ditujukan untuk pria

6. dengan motto “ Get Comfertable today” produk iniàComfit ditujukan untuk memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

7. Ditujukan bagi anak-anak sekolah, yang menjadikanàB First “collection of School Shoes” sebagai motto penjualannya.


2 komentar:

Unknown mengatakan...

apa ada barang reject atau sisa export yang mau di jual? tolong hubungi saya segera. thanks

Unknown mengatakan...

ada lowongankah Pt.bata di medan?
saya pengalaman 11 tahun di PT.Wangta agung surabaya.trim's

Posting Komentar